Nasril, Nasril (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa V.b SDN 018 Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Inhil. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NASRIL_93202_3688_2012.pdf [thumbnail of B1_1_NASRIL_93202_3688_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NASRIL_93202_3688_2012.pdf
Download (333kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah dalam Proses
pembalajaran IPA. Metode-metode pembelajaran yang telah digunakan guru
adalah ceramah, tanya jawab, dan tugas belum dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa dalam bidang studi IPA. Siswa terlihat pasif, malu bertanya,
tidak sungguh-sungguh, guru belum bisa membuat siswa bekerja sama,
pembelajaran masih berpusat pada guru, 33% siswa berada dibawah KKM. Usaha
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dilakukan dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research)
yang dilakukan dalam beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa dalam bidang studi IPA pada materi pokok alat pernapasan hewan, alat
pencernaan pada manusia, makanan dan kesehatan. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V.b SDN 018 Bagan Jaya Kecamatn Enok Kabupaten Indragiri Hilir
berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Penelitian dilaksanakan Agustus - September tahun 2010. Instrument untuk
memperoleh informasi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa digunakan
angket, lembar observasi, test ulangan harian.
Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus menunjukan
bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan : 1) motivasi belajar siswa kelas V.b SDN 018 Bagan Jaya
Kecamatan Enok Kabupaten Inhil meningkat sebesar 24,65 % menggunakan
instrument angket. 2) hasil belajar IPA siswa kelas V.b SDN 018 Bagan Jaya
Kecamatan Enok Kabupaten Inhil meningkat sebesar 26,92 %.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 09:35 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6098 |