Nasirudin, Nasirudin (2013) Kontribusi Kompetensi Profesional Guru danPemberian Insentif Terhadap Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NASIRUDIN_19032_6133_2013.pdf [thumbnail of B1_1_NASIRUDIN_19032_6133_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NASIRUDIN_19032_6133_2013.pdf
Download (214kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa kualitas
pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota belum
optimal. Peneliti menduga kompetensi 3rofessional guru dan pemberian insentif
berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran di Kecamatan Suliki Kabupaten
Lima Puluh Kota, oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk menguji
kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi
kompetensi 3rofessional guru dan pemberian insentif terhadap kualitas
pembelajaran pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh
Kota. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah : 1) Kompetensi
3rofessional guru berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran, 2) Pemberian
insentif berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran, 3) Kompetensi 3rofessional
dan pemberian insentif secara bersama-sama berkontribusi terhadap kualitas
pembelajaran.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD yang berstatus PNS di
Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jumlah populasi sebanyak 172
orang. Sampel penelitian sebanyak 63 orang yang dipilih menggunakan stratified
proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket model
skala likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan
teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kompetensi 3rofessional guru
berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran sebesar 20,4 %; 2) pemberian
insentif berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran sebesar 9,7 %; 3)
kompetensi 3rofessional guru dan pemberian insentif secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kualitas pembelajaran sebesar 25,9 %. Berdasarkan hasil
analisis deskriptif terlihat bahwa kompetensi 3rofessional guru berada pada
kategori cukup, pemberian insentif pada kategori baik dan kualitas pembelajaran
termasuk kategori cukup
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6095 |