Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah yang Dilengkapi Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 26 Padang

Husni, Maratul (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah yang Dilengkapi Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MARATUL_HUSNI_83100_3465_2012.pdf] Text
B1_3_MARATUL_HUSNI_83100_3465_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 26 Padang, terlihat proses belajar mengajar masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah yang dilengkapi dengan mind mapping dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilengkapi dengan mind mapping di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan mind mapping. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 26 Padang, pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel adalah siswa kelas VIII.5 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.6 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, alat pengumpul data yaitu lembaran soal. Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil penelitan diperoleh nilai rata-rata pembelajaran yang menggunakan metode ceramah yang dilengkapi dengan mind mapping (75,8), skor ini lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan mind mapping (69). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ceramah yang dilengkapi dengan mind mapping dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Angka lebih tinggi hasil belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan mind mapping di SMP Negeri 26 Padang pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Mind Mapping, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:35
Last Modified: 17 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item
View Item