Serli, Ana (2018) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Generatif dan Gaya Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf [thumbnail of B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ANA_SERLI_1301321_4755_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam
pembelajaran matematika Namun nyatanya pemahaman konsep matematis siswa
SMAN 8 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Alternatif yang dapat
dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan
pembelajaran generatif. Pembelajaran generatif pengetahuan baru yang dimiliki
siswa melalui peran aktifnya dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya
menerapkanpembelajaran generatif lebih baik daripada pemahaman konsep
matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS
SMAN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
static group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 8
Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan secara acak
sederhana dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang dianalisis
menggunakan uji statistik yaitu uji t.
Berdasarkan analisis uji statistik diperoleh pemahaman konsep matematis
siswa yang menggunakan pembelajaran generatif lebih baik daripada pemahaman
konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan
pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan gaya kognitif FI dan FD yang
belajar menggunakan pembelajaran generatif lebih baik daripada yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 8 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep matematis, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6090 |