Peningkatan Aktivits dan Hasil Belajar IPA Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak(TK) Asy-Syams Pekanbaru

Nartianis, Nartianis (2009) Peningkatan Aktivits dan Hasil Belajar IPA Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) di Taman Kanak-Kanak(TK) Asy-Syams Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NARTIANIS_91567_5333_2012.pdf] Text
B1_1_NARTIANIS_91567_5333_2012.pdf

Download (60kB)

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat kepada guru membuat anak sedikit sekali
mendapatkan kesempatan belajar. Anak cenderung hanya menerima apa yang
disampaikan oleh guru. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan yang memberikan
kesempatan belajar lebih banyak kepada anak, yaitu melalui pendekatan kontekstual.
Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru
mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak dan
mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pendekatan kontekstual
menerapkan tujuh komponen yaitu; kontruktivisme, menemukan sendiri, bertanya,
masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk
1) meningkatkan aktivitas anak dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan
kontekstual di Taman Kanak-Kanak (TK) Asy – Syams Pekanbaru, 2) meningkatkan
hasil belajar anak dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual di Taman
Kanak-Kanak (TK) Asy – Syams Pekanbaru.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan di
Taman Kanak-Kanak (TK) Asy - Syams Pekanbaru semester genap tahun pelajaran
2008/2009. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar anak, lembaran
observasi aktivitas anak dan lembaran observasi aktivitas guru. Data dianalisis
dengan paparan kualitatif antar siklus dan hasil belajar dengan pendekatan kuantitatif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan kemampuan aktivitas dan hasil belajar anak dalam pembelajaran IPA
di Taman Kanak-Kanak(TK) Asy - Syams Pekanbaru Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas B2 tahun pelajaran 2008/2009 di Taman
Kanak-Kanak(TK) Asy - Syams Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:34
Last Modified: 17 Apr 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item
View Item