Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Untuk Kelas VIII Di SMP.

Anggraini, Lusi Fitri (2018) Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Untuk Kelas VIII Di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FITRI_LUSI_ANGGRAINI_1304786_1240_2018.pdf] Text
B1_03_FITRI_LUSI_ANGGRAINI_1304786_1240_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, Media Pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran IPA kelas VIII serta mengetahui kualitas kevalitan, prakalitas dan keefektifan dari produk yang dikembangkan sehingga layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop,(4) Disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji prakalitas dan efektifitas dilakukan kepada 20 orang siswa kelas VIII 5 di SMP Negeri 31 Padang. Pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon pada mata pelajaran IPA Terpadu untuk kelas VIII di SMP telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video yang telah dikemas dalam bentuk CD. Produk ini telah melalui tahap validasi, Berdasarkan hasil penilaian validasi materi dari guru bidang studi IPA SMP 31 Padang dan validasi media yakni dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, hasil validasi dari dua ahli media sudah dikategorikan “valid” dengan persentase 87.11%. Sedangkan hasil akhir validasi dari ahli materi sudah dikategorikan “valid” dengan persentase 94.5%. Pada hasil uji prakalitas produk media pembelajaran berada pada persentase 99% kategori “Sangat Praktis”. Selanjutnya uji efektifitas diperoleh t hitung = 2.784 sedangkan t tabel dengan df = 20 pada taraf signifikan α 0.05 = 2.093. Maka dapat diketahui nilai t hitung i lebih besar dari t tabel (2.784 > 2.093). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran menggunakan aplikasi powtoon pada mata pelajaran IPA dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Video.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:34
Last Modified: 17 Apr 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item
View Item