Teaching Descriptive Text to the Junior High School Students by Using “A Nearby Objects: People, Place and Thing” as A Model

Ashera, Yosi (2013) Teaching Descriptive Text to the Junior High School Students by Using “A Nearby Objects: People, Place and Thing” as A Model. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YOSI_ASHERA_04658_1014_2013.pdf] Text
B1_3_YOSI_ASHERA_04658_1014_2013.pdf

Download (815kB)

Abstract

Teks deskriptif adalah sebuah text yang bertujuan untuk mendeskripsikan orang, tempat, dan benda-benda baik dari bentuk fisik, sifat atau tingkah laku maupun bentuk dari benda itu sendiri. Teks ini mempunyai peranan penting dalam kehidupan misalnya untuk mengidentifikasi seseorang dari sebuah gambar dan dari ciri-cirinya. Teks deskriptif ini sudah diajarkan kepada siswa mulai dari semester pertama pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. Namun demikian masih banyak siswa yang terkendala dalam membuat sebuah teks deskriptif ini. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media dalam mengajarkan teks deskriptif. Makalah ini menawarkan sebuah media dalam hal pengajaran teks deskriptif kepada siswa yaitu dengan menggunakan A Near by Object; People, Place, and Thing atau yang biasa juga disebut dengan benda-benda yang ada disekitar siswa seperti ruangan, sekolah, teman, guru dan lain sebagainya. Menggunakan media ini dalam pengajaran teks deskriptif mempunyai banyak manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa itu sendiri, yaitu menghemat waktu dan biaya. Selain itu, juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan memahami text yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Descriptive Text to the Junior High School
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:26
Last Modified: 17 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item
View Item