Pengembangan Modul Berbasis Konstrutivisme dilengkapi Puzzle tentang Materi Sistem Peredaran Darah

Fitrah, Fitrah (2016) Pengembangan Modul Berbasis Konstrutivisme dilengkapi Puzzle tentang Materi Sistem Peredaran Darah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FITRAH_1205620_6018_2016.pdf] Text
B1_03_FITRAH_1205620_6018_2016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan di sekolah terjadi melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Belajar merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia khususnya di dunia pendidikan.Biologi merupakan salah satu mata pelajaran IPA yang dipelajari di sekolah yang memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat begitu pentingnya peranan biologi maka telah banyak usaha yang dilakukan oleh berbagai pihak, salah satunya adalah penyempurnaan kurikulum . Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum, guru dituntut untuk mengembangkan bahan ajar.Bahan ajar yang tersedia cenderung bersifat hafalan, karena bersifat uraian materi sehingga bahan ajar terlihat padat.Pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul, merupakan salah satu upaya untuk menyediakan bahan ajar di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis konstruktivisme dilengkapi puzzle tentang materi sistem peredaran darah untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan dilakukan dengan mengikuti tiga tahap dari empat tahapan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari fase pendefinisian (define),desain (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IX SMPN 15 Padang.Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul berbasis konstruktivisme dilengkapi puzzle.Dari hasil validasi, diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 89,21% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme dilengkapi puzzle yang dikembangkan memiliki nilai pratikalitas rata-rata 89,58% dengan kriteria praktis sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa memiliki nilai rata-rata 90% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis konstruktivisme dilengkapi puzzle tentang materi sistem peredaran darah untuk siswa SMP yang dikembangkan memiliki kriteria valid, praktis menurut guru, dan sangat praktis menurut siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Sistem peredaran darah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:26
Last Modified: 17 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item
View Item