Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Janelsi, Elmatri (2013) Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ELMATRI_JANELSI_02322_2835_2013.pdf] Text
B1_2_ELMATRI_JANELSI_02322_2835_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya minat belajar sejarah siswa SMA N 1 Bayang. Pembelajaran sejarah kurang bervariasi. akibatnya pelajaran sejarah menjadi membosankan dan kurang diminati siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa dengan menerapkan strategi pembelajran inquiring minds want to know di SMA N 1 Bayang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA N Bayang Kabupaten pesisir selatan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka ditemukan bahwa minat belajar siswa sudah ada peningkatan namun belum tercapai dengan baik pada siklus I, dilihat dari kegiatan dan aktifitas siswa didalam kelas. Untuk itu dilakukan perubahan seperti guru membuat dan memberikan pertanyaan yang lebih menarik. Setelah dilakukan perubahan pada siklus II, minat belajar siswa semakin meningkat, dari 13 deskriptor pada umumnya sudah memiliki kategori baik dan baik sekali. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiring minds want to know dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah pada kelas XI IPS2 di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:39
Last Modified: 17 Apr 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item
View Item