Persepsi Guru Pendamping Terhadap Kurikulum 2013 Di Kabupaten Kerinci.

Firza, Fiza (2014) Persepsi Guru Pendamping Terhadap Kurikulum 2013 Di Kabupaten Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FIRZA_16154_4437_2014.pdf] Text
B1_03_FIRZA_16154_4437_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulum baru di daerah, yang sering mengalami perbedaan dari apa yang diharapkan dalam kurikulum baru. Perbedaan terjadi karena kurangnya pemahaman yang benar tentang kurikulum baru oleh guru. Untuk mengurangi terjadinya perbedaan, pemerintah telah menyiapkan guru pendamping pada kurikulum 2013. Guru pendamping memberikan pelatihan kepada para guru di sekolah tentang kurikulum 2013. Peran guru pendamping dalam kurikulum 2013 sangat besar. Oleh sebab itu, guru pendamping harus memliliki persepsi yang baik tentang kurikulum baru ini, karana persepsi sangat mempengaruhi pelatihan yang diberikan kepada guru. Untuk mengetahui persepsi guru pendamping, dalam penelitian ini membahas bagaimana persepsi guru pendamping terhadap kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi guru pendamping terhadap kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriftif Kualitatif. Jumlah Informan sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN Kerinci. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Dari pembahasan yang dilakukan terhadap keempat elemen perubahan pada kurikulum 2013. Maka didapatkan hasil persepsi yang ditunjukkan oleh guru pendamping pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian sudah baik. Hasil ini diperoleh dari jawaban yang guru berikan saat wawancara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi,Guru Pendamping, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:25
Last Modified: 17 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item
View Item