Kumala, Luthfina Rahma (2015) Pengaruh Penerapan Model Qantum Teaching Dalam Bentuk TANDUR Terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA DI Kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LUTHFINA_RAHMA_KUMALA_95986_912_2016.pdf [thumbnail of B1_3_LUTHFINA_RAHMA_KUMALA_95986_912_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LUTHFINA_RAHMA_KUMALA_95986_912_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Palupuh, dari hasil pengamatan pada pembelajaran IPA proses pembelajaran masih berpusat pada guru yakni berfokus kepada metode diskusi dan ceramah sehingga siswa kurang aktif dan menjadi pasif dalam proses belajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar rata-rata yang dicapai siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penggunaan model pembelajaran salah satu cara agar melibatkan partisipasi aktif siswa untuk mencapai tujuan belajar. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru yaitu Quantum Teaching Dalam Bentuk TANDUR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 2 kelas dan teknik pengambilan sampelnya total sampling, yaitu Kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan VIII.A sebagai kelas kontrol masing-masingnya berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 82,04 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 74,88. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,83 sedangkan t tabel 2,0211 pada taraf kepercayaan 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Quantum Teaching dalam bentuk TANDUR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Qantum Teaching, TANDUR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:38 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6054 |