Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA_Biologi Kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang

Vernando, Yori (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA_Biologi Kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YORI_VERNANDO_1300240_367_2020.pdf] Text
B1_3_YORI_VERNANDO_1300240_367_2020.pdf

Download (14MB)

Abstract

Fenomena yang dilihat di SMP N 1 Gunung Talang adalah bahwa sebagian besar nilai siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA_Biologi masih belum mencapai batas KKM yang sudah ditetapkan sebelumnya. Proses belajar mengajar masih terpusat pada guru (Teacher centred) serta penggunaan metode dan media yang kurang bervariasi sesuai dengan materi yang disampaikan. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran Make A Match menggunakan media kartu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Make A Match menggunakan media kartu terhadap hasil belajar IPA_Biologi di Kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang yang terdiri 7 kelas yaitu kelas VIII. 1 sampai Kelas VIII. 7, dengan jumlah siswa 203 orang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling dengan persyaratan dari sampel tersebut adalah nilai awal yang sama dan jumlah siswa yang sama, kelas VIII. 4 sebagai eksperimen dan siswa kelas VIII. 6 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data menggunakan soal objektif sebanyak 40 butir soal, alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t- Tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Make A Match menggunakan media kartu adalah 83,16 sementara nilai rata-rata kelas kontrol 78. Berdasarkan perhitungan uji t (t-Test) diperoleh t hitung 2,715 sedangkan t tabel adalah pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,715 > 2,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPA_Biologi kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang. Jadi, penggunaan Model Pembelajaran Make A Match menggunakan media kartu berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA_Biologi di kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:38
Last Modified: 17 Apr 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item
View Item