Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Karakter pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa SMP Kelas VII

Rahmi, Yonita (2013) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Karakter pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa SMP Kelas VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YONITA_RAHMI_12618_1899_2013.pdf] Text
B1_3_YONITA_RAHMI_12618_1899_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran salah satunya masih banyak siswa yang kurang bisa memahami kata-kata yang mengandung konsep dalam bahan ajar. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah mengembangkan bahan ajar tertulis berupa modul. Kenyataannya, penyampaian materi dalam modul cenderung menekankan pada aspek kognitif saja. Oleh karena itu, aspek afektif perlu diperhatikan dalam mengembangkan modul dengan menyisipkan nilai-nilai karakter. Berdasarkan hal tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkap validitas, praktikalitas, serta respon guru dan siswa terhadap modul pembelajaran biologi bernuansa karakter pada materi sistem gerak untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D models, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang validator, 2 orang guru, dan 40 siswa kelas VIII SMP dari dua sekolah, yakni SMP Negeri 4 Padang dan SMP Negeri 7 Padang. Data penelitian adalah data primer yang terdiri dari validitas, praktikalitas, serta respon guru dan siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul pembelajaran biologi bernuansa karakter pada materi sistem gerak untuk siswa SMP kelas VIII. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid (91,62%) serta praktis oleh guru (87,85%) dan siswa (84,85%). Selain itu, respon guru sangat baik (90,63%) dan siswa merespon baik (88,36%) terhadap modul yang dikembangkan. Dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid dan praktis serta mendapat respon positif dari guru dan siswa sehingga modul dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, Pengembangan Modul
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:24
Last Modified: 17 Apr 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item
View Item