Perbandingan Komitmen Guru Yang Sudah dan Belum Sertifikasi Dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang.

Nadiatullah, Nadiatullah (2017) Perbandingan Komitmen Guru Yang Sudah dan Belum Sertifikasi Dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_NADIATULLAH_1204416_4900_2017.pdf] Text
B1_01_NADIATULLAH_1204416_4900_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan penulis yang menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara komitmen guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam melaksanakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Perbandingan Komitmen Guru yang Sudah dan Belum Sertifikasi Dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang” dilihat dari aspek disiplin, loyalitas dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu penelitian yang mengungkap perbandingan suatu keadaan sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua Guru yang Sudah dan Belum Sertifikasi di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Maka jumlah dari guru sudah sertifikasi dipilih secara acak agar jumlah guru sudah sertifikasi sama dengan guru belum sertifikasi. Setelah diterapkan teknik purposive sampling terhadap Guru Sudah Sertifikasi di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang, maka diperoleh jumlah sampel guru sudah sertifikasi sebanyak 25 orang guru belum sertifikasi sebanyak 25 orang dengan total jumlah 50 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan komitmen antara guru yang sudah dan belum sertifikasi dalam melaksanakan tugas di Sekolah Menengah Kejuruan Nusatama Padang. Hal tersebut ditunjukkan pada skor rata-rata komitmen guru yang sudah sertifikasi 4,43 dan skor rata-rata guru belum sertifikasi sebesar 3,56. Untuk hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 1,859 tersebut kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikan α=0,05 sebesar 22,79. Hal ini berarti bahwa komitmen guru yang sudah dan belum sertifikasi berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:24
Last Modified: 03 Feb 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item
View Item