Pratiwi, Yolanda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasisi Android pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMA/ MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YOLANDA_PRATIWI_17004043_2158_2022.pdf [thumbnail of B1_3_YOLANDA_PRATIWI_17004043_2158_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YOLANDA_PRATIWI_17004043_2158_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pengembangan media ini dilatar belakangi oleh fenomena pengurangan waktu pembelajaran tatap muka yang mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami pembelajaran khususnya pembelajaran Fisika. Selain itu kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan media, dimana hanya memberikan materi dalam bentuk buku teks dan bahan ajar berupa pdf dan juga belum adanya pemanfaatan media pembelajaran berbasis android. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan prosedur pengembangan, menggunakan standar kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga menjadi suatu media pembelajaran interaktif yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahap-tahapan yang telah disesuaikan yaitu, Analysis (Analisis), Design ( Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis android yang dibuat menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 untuk mata pelajaran Fisika materi usaha, energi dan hukum kekekalan energi kelas X SMA/Ma. Uji praktikalitas diujicobakan pada 15 peserta didik kelas X MIA di MAN kota Sawahlunto Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menjelaskan hasil penilaian dari validator materi media dinyatakan “valid” karena skor total sebesar 71 dengan persentase 78,90%. Penilaian dari validator media dinyatakan “sangat valid” karena rata-rata skor sebesar 89,50 dengan persentase 99,44%. Sedangkan penilaian peserta didik media dinyatakan “sangat praktis” karena rata-rata skor sebesar 63,33 dan persentase sebesar 90,48%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif Fisika yang dikembangkan “layak digunakan” dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Android, mata pelajaran Fisika kelas X SMA/ MA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:39 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6035 |