Oksandra, Yola (2015) Sebuah Analysis Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 5 di SD Kartika 1-11 Padang Dalam Bahasa Inggris. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YOLA_OKSANDRA_4875_2015.pdf [thumbnail of B1_3_YOLA_OKSANDRA_4875_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YOLA_OKSANDRA_4875_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kemampuan berbicara siswa kelas 5 di SD Kartika 1-11 Padang dalam Bahasa Inggris dan melihat kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi ketika berbicara dalam Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD) yang mengajar kelas 5, mengenai keterkaitan antara perkembangan kognitif dan karakter anak dengan kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik dalam bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berbasis pada analisis kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Analisis ini meliputi tes kemampuan berbicara dan observasi kesulitan yang dihadapi siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan dinyatakan dalam bentuk skala kemampuan berbicara, untuk memudahkan pembahasan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan cluster random sampling technique untuk mendapatkan kelas yang akan diteliti. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berbicara, catatan dari hasil observasi dan alat perekam. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Kartika 1-11 Padang adalah baik. 21 orang siswa memiliki kemampuan yang baik dan hanya 8 siswa yang masih memiliki kemampuan berbicara bahasa inggris yang buruk. Kesulitan terbesar yang dihadapi siswa berasal dari kesulitan dalam unsure-unsur bahasa; kosakata, tata bahsa dabn pengucapan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan kognitiv mereka yang hanya terbatas pada penguasaan makna belum mencapai kemampuan menguasai tata bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbicara, perkembangan kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:38 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6029 |