Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Transisi Pasca Sekolah Anak Gangguan Spektrum Autisme

Syafrina, Meldia (2022) Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Transisi Pasca Sekolah Anak Gangguan Spektrum Autisme. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Meldia _Syafrina _17003134_787_2022.pdf] Text
B1_2_Meldia _Syafrina _17003134_787_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap pendidikan transisi pasca sekolah anak gangguan spektrum autisme SLB Autisma YPPA Padang. Fokus penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagimana dukungan orang tua terhadap pendidikan transisi pasca sekolah anak gangguan spektrum autisme SLB Autisma YPPA Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pada umumnya dilakukan dengan tujuan utama yaitu menggambarkan secara sistematis, fakta dan subjek yang diteliti secara tepat subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak (GSA) SLB Autisma YPPA Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik kebasahan data melalui pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi mengunakan bahan referensi dan melakukan memberchek.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing orang tua yang memiliki anak GSA memberikan dukungan terhadap pendidikan transis pasca sekolah melalui program-program yang dilaksanakan disekokah melalui dukungan emosional oramg tua memberi dukungan emosional berupa empati, perhatian dan kasih sayang terhadap anak, dukungan instrumental yaitu berupa fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak, dukungan otonom dengan memberikan arahan, nasehat serta solusi, dan dukungan direktif yaitu orang tua memberikan penghargaan terhadap anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Spektrum Autisme, Dukungan Orang Tua, Transisi Pasca Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:40
Last Modified: 17 Apr 2025 06:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item
View Item