Penerapan Keterampilan Menjelaskan Guru PKn SMAN 5 Solok Selatan

Gusmelasni, Lusi (2013) Penerapan Keterampilan Menjelaskan Guru PKn SMAN 5 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LUSI_GUSMELASNI_89251_2591_2013.pdf] Text
B1_3_LUSI_GUSMELASNI_89251_2591_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat bagaimana penerapan keterampilan menjelaskan guru PKn di SMAN 5 Solok Selatan, dalam menjelaskan materi guru PKn masih kurang menguasai keterampilan menjelaskan hal ini bisa dilihat dari cara guru menjelaskan seperti, dalam menyampaikan materi pelajaran PKn guru tidak menggunakan media yang konkrit yang mudah dipahami oleh siswa, guru juga belum memperhatikan intonasi dan mimik wajah yang tepat ketika menjelaskan, dalam menyampaikan materi pelajaran PKn guru tidak mempertimbangkan pendapat siswa, serta guru belum memberikan contoh yang bervariasi dengan materi pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk menjawab permasalahan tentang penerapan keterampilan menjelaskan guru PKn SMAN 5 Solok Selatan, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi dengan subjek penelitian guru PKn SMAN 5 Solok Selatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan keterampilan menjelaskan guru Pkn SMAN 5 Solok Selatan masih kurang baik, hal ini terlihat dari guru PKn SMAN 5 Solok Selatan masih kurang baik, hal ini terlihat dari guru PKn masih belum memberikan contoh yang bervariasi, guru PKn jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta memberikan contohcontoh berdasrkan pengalaman mereka sendiri, guru PKn belum terlihat menggunakan gambar-gambar atau menunjukkan benda yang sebenarnya (konkrit), pada pokok bahasa yang penting, guru Pkn belum memperbesar volume suara memberikan intonasi dan menggunakan mimik wajah yang tepat. Upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi kurangnya keterampilan menjelaskan guru PKn SMAN 5 Solok Selatan adalah dengan mengoreksi diri sendiri dengan cara sebelum mengajar guru bisa berlatih didepan cermin dan didepan guru yang lain, sebelum mengajar guru harus benar-benar menguasai materi pelajaran agar guru bisa dengan mudah menjelaskan materi pelajaran dan ketika siswa bertanya guru bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan guru berusaha memperkaya pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Pengajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:38
Last Modified: 17 Apr 2025 06:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item
View Item