Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang

Friessyah, Nabila (2017) Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_NABILA_FRIESSYAH_1304592_5086_2017.pdf] Text
B1_01_NABILA_FRIESSYAH_1304592_5086_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis pada SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang dimana masih rendahnya kinerja guru yang di duga banyak faktor yang dipengaruhi oleh komunikasi Interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai 1) kinerja guru, 2) komunikasi interpersonal dan 3) hubungan komunikasi interpersonal dengan kinerja guru pada SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu melihat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru pada SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah guru SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang yang berjumlah 157 orang. Sampel diambilmenggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling berjumlah 61 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert dengan lima jawaban pilihan.Uji validitas instrumen menggunakan rumus kolerasi tata jenjang dari Rho Sperman. Hasil valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Hasil analisis data uji reliabilitas menunjukkan bahwa kedua instrumen reliabel.Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan 1) kinerja guru berada pada kategoribaik yaitu 81,72%, 2) komunikasi Interpersonal berada pada kategori cukup yaitu 78,6%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan koefesien korelasi r hitung=0,34 > r tabel= 0,296dan t hitung= 2,848 > t tabel 2,660 pada taraf kepercayaan 99%. Artinya semakin baik komunikasi interpersonal diantara guru dan kepala sekolah maka akan semakin tinggi pula kinerja guru dan begitu pula sebaliknya semakin kurang komunikasi interprsonal atasan maka akan semakin rendah kinerja guru. Kesimpulannya adalah bahwa komunikasi interpersonal merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SMK N Kelompok Bisnis Manajemen se Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:13
Last Modified: 03 Feb 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item