Analisis Instrumen Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan untuk Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang

Astuti, Yofi (2015) Analisis Instrumen Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan untuk Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YOFI_ASTUTI_1101317_3152_2015.pdf] Text
B1_3_YOFI_ASTUTI_1101317_3152_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tes yang baik adalah tes yang valid, reliabel, tingkat kesukaran proporsional, dan daya pembeda baik. Tes sebagai alat ukur kompetensi pengetahuan hendaknya memenuhi kriteria tersebut. Item soal IPA pada ujian semester ganjil kelas VII SMPN 1 Padang Panjang tahun pelajaran 2014/2015 masih terdapat soal yang tidak sesuai dengan kriteria tes yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian kompetensi pengetahuan berupa item soal dan instrumen penilaian kompetensi keterampilan untuk mengetahui kesesuaian penilaian yang telah dilakukan kompetensi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah satu set soal IPA pada ujian semester ganjil kelas VII dan instrumen penilaian kompetensi keterampilan IPA kelas VII SMPN 1 Padang Panjang tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk soal dan secara kualitatif untuk instrumen kompetensi keterampilan. Hasil analisis data kompetensi pengetahuan diperoleh: 1) soal valid 86% dan tidak valid 14%; 2) reliabilitas tinggi (0,79); 3) soal kategori mudah 40%, sedang 50%, dan sukar 10%; 4) daya pembeda item soal 8% baik sekali, 44% baik, 18% cukup, dan 30% jelek. Hasil analisis instrumen penilaian kompetensi keterampilan diperoleh nilai 60% (cukup), nilai ini rendah karena instrumen tidak dilengkapi KI dan KD, penilaian tidak mencakup semua KD dan tidak memiliki rubrik penilaian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa soal IPA pada ujian semester ganjil kelas VII tahun pelajaran 2014/2015 yang digunakan SMPN 1 Padang Panjang kurang layak digunakan sebagai instrumen.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengetahuan, Analisis Instrumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:36
Last Modified: 17 Apr 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item
View Item