Kurniati, Liza (2014) Peran Kegiatan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 6 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LIZA_KURNIATI_13271_2407_2014.pdf [thumbnail of B1_3_LIZA_KURNIATI_13271_2407_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LIZA_KURNIATI_13271_2407_2014.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh memudarnya karakter peserta didik sekarang ini. Untuk itu dibutuhkan peran kegiatan pramuka sebagai salah satu media pengaplikasian nilai karakter yang didapat dalam kelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat peran kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMPN 6 Sijunjung melalui bentuk kegiatan pramuka yang dilaksanakan, kendala-kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka, serta upaya-upaya sekolah dalam menghadapi kendala yang ditemukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, klasifikasi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka mempunyai berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan yang berkontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik yaitu kegiatan upacara pembukaan dan penutupan pramuka, baris-berbaris, tali-temali, menjelajah/ hiking dan berkemah. Pada masing-masing kegiatan tersebut memiliki nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini memiliki beberapa kendala, adapun kendala internal yang berasal dari siswa yaitu masih kurang minat dan ketertarikan (motivasi) siswa untuk mengikuti kegiatan pramuka, terlihat dari masih banyak siswa yang belum mengikutinya, padahal kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter peserta didik. Kendala eksternal yaitu kendala dari segi sarana dan prasarana, dimana sarana dan prasaran yang kurang mendukung dan belum lengkap, kemudian masalah dari segi waktu latihan yang terlalu sedikit sehingga tujuan kegiatan sering kurang tercapai secara maksimal. Sehingga dilakukan upaya-upaya mengatasi kendala-kendala tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pramuka, Karakter Peserta Didik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6004 |