Fitri, Adde Resfi (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sosial Budaya untuk Meningkatkan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Bunda Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_ADDE_RESFI_FITRI_17330001_390_2023 (19 Jan).pdf
Download (711kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih adanya guru yang kurang
menerapkan pendekatan yang bisa membuat anak tertarik untuk memahami
sosial budaya dan kurangnya media penunjang yang menarik minat anak
dalam pembelajaran sosial budaya, termasuk video pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang berbasis sosial
budaya anak usia dini yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran di
TK.
Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penelitian riset dan
pengembangan dengan model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefenisian,
perancangan, pengembangan dan penyebaran. Uji coba produk dilakukan
pada siswa kelas B Isa dan implementasi produk dilakukan pada siswa kelas
B Muhammad TK Mutiara Bunda Lima Puluh Kota. Intrumen yang
digunakan yaitu instrumen validitas, praktikalitas dan efektivitas. Untuk
menjamin keabsahan produk peneliti memvalidasi instrumen tersebut kepada
pakar/ahli. Analisis data menggunakan persentase dan uji validitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran berbasis
sosial budaya (1) sudah memenuhi kategori valid, (2) sudah memenuhi
kategori praktis dan (3) sudah memenuhi kategori efektif untuk
pembelajaran di TK. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai dasar
atau acuan bagi guru TK dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH).
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran; Sosial Budaya; Sosial Emosional; Anak Usia Dini |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/60 |