Britiwi, Liza (2021) Hubungan Level Pendidikan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah (Daring) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LIZA_BRITIWI_16052016_5215_2021.pdf [thumbnail of B1_3_LIZA_BRITIWI_16052016_5215_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LIZA_BRITIWI_16052016_5215_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning manajemen sistem (LSM) seperti menggunakan whatsapp group, zoom, google classroom dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana proses pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring untuk anak-anaknya dalam pendidikan sekolah pada masa pandemi Covid-19 dan bagaimana hubungan level pendidikan orang tua dan solusi yang di tempuh orang tua terhadap keberhasilan anak dalam pembelajaran daring di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Informan dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling yang berjumlah 24 orang dengan informan orang tua dan siswa atau anak di Kenagarian Kambang Barat.Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah berupa wawancara yang dilakukan peneliti, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu, menyangkut pembelajaran daring yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang dilakukan dengan membaca dan mengutip sumber-sumber tertulis seperti buku-buku, arsip, artikel, jurnal, surat kabar dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supaya terlaksananya belajar daring ini secara baik di perlukan wujud pendampingan orang tua terhadap proses belajar anak di rumah (Daring) dengan cara yaitu mendampingi anak selama proses belajar daring berlangsung, memberikan motivasi, nasehat dan perhatian kepada anak dan hubungan antara level pendidikan orang tua terhadap keberhasilan anak dalam belajar daring di rumah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anak dalam belajar dan unggul dalam pendidikan serta berprestasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Orang Tua |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5997 |