Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa antara Menggunakan Peta Konsep dengan Bagan yang Belum Disempurnakan pada Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas XI SMA N 2 Bukittinggi.

Rahmiati, Lisa (2014) Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa antara Menggunakan Peta Konsep dengan Bagan yang Belum Disempurnakan pada Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas XI SMA N 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LISA_RAHMIATI_16002_4325_2014.pdf] Text
B1_3_LISA_RAHMIATI_16002_4325_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Bukittinggi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pembelajaran yang bersifat teacher centered, motivasi dan aktifitas siswa rendah, serta miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi belajar biologi siswa yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share(TPS). Guru perlu melakukan pengecekan dengan melibatkan siswa dalam menyempurnakan peta konsep atau bagan untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan materi oleh siswa serta mencegah terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kompetensi belajar biologi siswa antara yang menyempurnakan peta konsep dengan bagan pada pembelajaran kooperatif think pair share(TPS). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design yang dimodifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bukittinggi.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes akhir untuk ranah kognitif, lembaran pengamatan aktivitas untuk ranah afektif, lembar observasi untuk ranah psikomotor. Data kompetensi kognitif dianalisis dengan menggunakan uji t, sedangkan kompetensi afektif dan psikomotor dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen 1 yaitu 80,09 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 yaitu 76,43. Hasil uji hipotesis kedua kelas sampel pada ranah kognitif didapatkan t (1,85) lebih besar dari t (1,67), maka hipotesis diterima. Nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen 1 yaitu 90,10 sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu 85,74. Dengan demikiankompetensi afektif kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2. Nilai rata-rata ranah psikomotor kelas tabel eksperimen 1 yaitu 90,89sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu 88,80. Dengan demikiankompetensi psikomotor kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2.Dapat disimpulkan bahwa kompetensi belajar biologi siswa yang meliputi kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang menyempurnakan peta konsep lebih tinggi dari pada yang menyempurnakan bagan dalam model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Belajar Biologi, Peta Konsep, Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:05
Last Modified: 17 Apr 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item
View Item