Febriansyah, Riki (2012) Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Dihapuskannya Mata Pelajaran PKn dalam Ujian Nasional (Studi di SMA N 1 Lintau Buo). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKI_FEBRIANSYAH_892567_3375_2012.pdf [thumbnail of B1_3_RIKI_FEBRIANSYAH_892567_3375_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKI_FEBRIANSYAH_892567_3375_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Dihapuskannya Mata Pelajaran PKn Dalam Ujian Nasional (studi di SMA N 1 Lintau Buo) yaitu (1) gambaran tentang persepsi guru terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional (2) gambaran tentang persepsi siswa terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini dari kalangan guru adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan 2 orang guru PKn, sedangkan dari kalangan siswa adalah siswa kelas xii, xi dan x yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling (penentuan informan dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal). Hasil penelitian menunjukkan : (1) gambaran tentang persepsi guru yang tidak setuju terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional (2) gambaran tentang persepsi siswa yang sebagian besar juga tidak setuju terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional (3) gambaran tentang persepsi beberapa orang siswa yang setuju terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujin nasional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru dan siswa terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional (studi di SMA N 1 Lintau Buo) tidak lah sama, di satu sisi guru dan siswa sama-sama tidak setuju terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam ujian nasional, namun di sisi lain ada beberapa orang siswa yang setuju terhadap dihapuskannya mata pelajaran PKn dalam Ujian Nasional. Jadi sebaiknya mata pelajaran PKn dipertimbangkan lagi untuk di masukan kedalam ujian nasional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ujian Nasional, Guru, Siswa, PKn |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5983 |