Putra, Fikri Adib (2018) Studi Komparatif Kualitas Pelayanan Bellboy di Hotel Axana Padang dalam Melayani Tamu Individu dan Tamu Grup. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_FIKRI_ADIB_PUTRA_6083_14135073_2018.pdf [thumbnail of B1_04_FIKRI_ADIB_PUTRA_6083_14135073_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_FIKRI_ADIB_PUTRA_6083_14135073_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang masih terdapatnya tamu complain dikarenakan kurang masksimalnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh bellboy di Hotel Axana Padang. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk mendeskripsikan dan membandingkan kualitas pelayanan
oleh bellboy dalam melayani tamu individu dan tamu grup.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Axana Padang. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian
ini berjumlah 189 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan Uji Statistik dengan chi square. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kualitas pelayanan oleh bellboy terhadap tamu individu diperoleh rata-rata skor sebesar 3,00 dengan kategori baik. (2) Kualitas pelayanan oleh bellboy terhadap tamu grup diperoleh rata-rata skor sebesar 3,02 dengan kategori baik. (3) Perbandingan kualitas pelayanan bellboy dalam melayani tamu individu dan tamu grup bahwa kualitas pelayanan oleh bellboy terhadap tamu individu
dengan skor tertinggi hanya 3,00 pada kategori baik. Sedangkan terhadap tamu grup dengan skor tertinggi 3,02 pada kategori baik. Dengan demikian kualitas pelayanan oleh bellboy di Hotel Axana Padang dalam melayani tamu grup lebih
baik dari tamu individu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Bellboy, Studi Komparasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5976 |