Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN Kamang

Risanti, Rika (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKA_RISANTI_1100355_799_2016 1.pdf] Text
B1_3_RIKA_RISANTI_1100355_799_2016 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII MTsN Kamang, dengan rumusan masalah : ”Siswa menerima saja materi yang diberikan guru tanpa ada umpan balik dari siswa dan siswa masih kurang efektif dalam mencari bahan tambahan diluar materi yang di sampaikan guru sehingga hasil belajar Bahasa Indonesia masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Kamang dengan jumlah siswa 41 siswa, teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes unjuk kerja. Kemudian data dianalisis dengan uji–t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homonitas menggunakan uji Barlett. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 78 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 72. Dari analisis uji t – test diperoleh t hitung = 33> t tabel = 54,779, pada signifikansi α 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) dengan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Team Assisted Individualization, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:46
Last Modified: 17 Apr 2025 04:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item
View Item