Efektivitas Penggunaan Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Pengetahuan Dalam Menulis Cerpen Siswa di Kelas X SMK Ekonomi Adi Karya

Asmara, Linda (2014) Efektivitas Penggunaan Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Pengetahuan Dalam Menulis Cerpen Siswa di Kelas X SMK Ekonomi Adi Karya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LINDA_ASMARA_93893_5704_2014.pdf] Text
B1_3_LINDA_ASMARA_93893_5704_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menurut Studi pendahuluan yang dilakukan di SMK-E Adi Karya, ditemukan masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Motivasi belajar siswa masih kurang dan minimnya aktivitas belajar siswa disebabkan guru lebih mendominasi kegiatan belajar dan metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang dapat digunakan guru sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penggunaaan Media pada Peta konsep terhadap pengetahuan menulis cerpen di kelas X SMK-E Adi Karya. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperiment guna melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK-E Adi Karya yang berjumlah 218 orang yang terdiri dari 6 kelas.teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling.Sampel penelitian ini adalah kelas X (Kelas Eksperimen) dan kelas X b (Kelas Kontrol). Jumlah tiap kelas adalah 34 orang.Data diperoleh dari tes objektif mengenai pokok bahasan memahami pengetahuan tentang menulis cerpen.Data dianalisis dengan menggunakan uji-t (ttest), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol 74,24. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 2,696 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,005 didapat t 2,556, sehingga t htung >t tabe l.Dengam demikian dapat disimpulkan penggunaan media pada peta konsep memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMK-E Adi Karya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Peta Konsep, Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:45
Last Modified: 17 Apr 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item
View Item