Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) pada Siswa Kelas V11 SMP Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Angraini, Rika (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) pada Siswa Kelas V11 SMP Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKA_ANGRAINI_05623_5149_2012.pdf] Text
B1_3_RIKA_ANGRAINI_05623_5149_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan strategi genius learning dengan hasil belajar yang tidak menggunakan strategi genius learning atau metode konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperiment semu (quasi- exsperiment). Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel X, Pembelajaran dengan menggunakan Strategi Genius Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dan Variabel Y yaitu hasil belajar PPKn dan aktivitas siswa yang diperoleh setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Genius Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V11 SMP Negeri 6 Padang tahun pelajaran 2011/2012. Data penelitian diperoleh melalui nilai tes akhir hasil belajar. Data – data tersebut kemudian dianalisis dengan uji T. Dan hasil penelitian diungkapkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII SMP N 6 Padang yang mengikuti kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa yang mengikuti kelas kontrol. Hal ini didapat dari hasil pengolahan data yang dianalisis dengan uji T, dimana probabilitas signifikansi lebih kecil dari signifikan alpha (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Strategi Genius Learning Sangat Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII SMP N 6 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012”.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Genius Learning, Pancasila, Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:19
Last Modified: 17 Apr 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item
View Item