Amelia, Rika (2012) Pengaruh Penggunaan Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Kelas XI di SMA Negeri 1 Matur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKA_ AMELIA_01207_5179_2012.pdf [thumbnail of B1_3_RIKA_ AMELIA_01207_5179_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKA_ AMELIA_01207_5179_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMA N 1 Matur diperoleh informasi masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Kewarganegaraan, serta kurangnya kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya karena pembelajaran yang terpusat pada guru. Siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ikut terlibat aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan solusi dalam permasalahan tersebut ialah Model Student Facilitator And Explaining. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 1 Matur. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Matur Kabupaten Agam yang berjumlah 98 orang yang terdiri dari 5 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS sebagai kelas eksperimen yang masing-masingnya berjumlah 23 orang.Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Matur kelas XI IPS diperoleh perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata 81,96 sedangkan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol 70,65. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 4,723 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,021, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan Model Student Facilitator And Explaining memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa serta dapat pula meningkatkan aktifitas belajar siswa secara mandiri pada mata pelajaran Kewarganegaraan dikelas XI IPS di SMA N 1 Matur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Student Facilitator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:57 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5945 |