Velly, Desta (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESTA_VELLY_1209097_4731_2015.pdf [thumbnail of B1_1_DESTA_VELLY_1209097_4731_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DESTA_VELLY_1209097_4731_2015.pdf
Download (542kB)
Abstract
Penelitian berawal dari hasil belajar fisika di SMAN 12 Pekanbaru belum
memuaskan dan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang menunjang
terlaksananya pembelajaran dengan baik. Penelitian bertujuan untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika yang menggunakan pendekatan
konstruktivisme pada materi gelombang untuk siswa kelas XI Kurikulum 2013
dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model 4-D yang telah dimodifikasi. Penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap
pengembangan, yaitu define, design, dan develop. Subyek penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Pekanbaru Penilaian terhadap
validitas perangkat pembelajaran dilakukan oleh 2 dosen fisika, 1 dosen bahasa
Indonesia, dan 2 guru fisika SMA. Penilaian terhadap praktikalitas perangkat
pembelajaran berupa nilai angket respon siswa dan guru. Sedangkan penilaian
efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui hasil tes belajar dan aktivitas
siswa.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan
pendekatan konstruktivisme, perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu
RPP, bahan ajar, dan LKS. Hasil penilaian yang diberikan oleh validator
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, dan LKS
adalah valid. Berdasarkan data angket respon siswa dan respon guru yang
mempunyai tanggapan positif terhadap pembelajaran, maka perangkat
pembelajaran adalah praktis. Perangkat pembelajaran bernilai efektif berdasarkan;
(1) ketuntasan hasil tes belajar siswa mencapai KKM lebih besar dari
pembelajaran tidak menggunakan pendekatan konstuktivisme. (2) meningkatnya
aktivitas siswa. Hasil keseluruhan tersebut menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran fisika materi gelombang adalah valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5942 |