Pertiwi, Elsa Adel (2013) Iklan Mobil pada Surat Kabar Harian Singgalang Edisi Oktober 2012: Suatu Kajian Semiotika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ELSA_ADEL_PERTIWI_01554_1270_2013.pdf [thumbnail of B1_2_ELSA_ADEL_PERTIWI_01554_1270_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ELSA_ADEL_PERTIWI_01554_1270_2013.pdf
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanda dalam iklan mobil pada surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012, dengan menggunakan teori semiotik dari Ferdinand de Sausurre yang mengkaji ilmu tentang tanda. Penelitian ini mencari tanda yang terdapat dalam iklan mobil pada surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012 yakni penanda dan petanda serta makna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode dekriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penanda dan petanda iklan mobil pada surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat, yaitu teknik yang digunakan untuk mencatat penanda dan petanda yang digunakan dalam teks-teks iklan mobil pada surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012 dalam sebuah catatan dan format inventarisasi data. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan menginventarisasi data melalui surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012, kemudian mengklasifikasikan data dengan cara mengelompokkan berdasarkan teori yang telah ditetapkan selanjutnya, data dianalisis berdasarkan pengelompokkan data serta mengiinterpretasikan dengan cara penafsiran dan pembatasan berdasarkan kerangka teori, dan menganalisis data dan pembahasan untuk menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah tanda semiotika yang berupa dua puluh penanda (Signifier) dan dua puluh petanda (Signified) serta dua puluh makna yang terdapat dalam iklan mobil pada surat kabar harian Singgalang edisi Oktober 2012. Pola penanda pada iklan mobil adalah tanda verbal meliputi judul, subjudul, tubuh teks, penutup, slogan, dan teks tambahan sedangkan, pola petanda adalah verbal/ gambar (image). Hasil dari penelitian ini adalah penanda dan petanda yang mempunyai makna.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KAJIAN SEMIOTIKA |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5939 |