Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic pada Pembelajaran Tematik di Kelas I MIN Bukittinggi

Azima, Nana Fauzana (2019) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic pada Pembelajaran Tematik di Kelas I MIN Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NANA_FAUZANA_AZIMA_17124040_823_2019.pdf] Text
B1_1_NANA_FAUZANA_AZIMA_17124040_823_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku ajar yang digunakan guru belum
terlalu memfasilitasi siswa secara maksimal dalam kegiatan Visual, Auditory,
Reading, dan Kinesthetic sehingga daya tarik siswa dalam pembelajaran masih
kurang, dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
adalah mengembangkan buku ajar berbasis model Visual, Auditory, Reading, and
Kinesthetic (VARK) pada pembelajaran tematik di Kelas I SD/MI yang valid,
praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D
(Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas I
MIN Bukittinggi sebanyak 32 orang. Data penelitian adalah hasil penelitian dari
buku ajar berbasis model Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic.
Penelitian menunjukkan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli
dan praktisi pendidikan diperoleh rata-rata 88,15 kategori sangat valid. Hasil uji
praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan siswa diperoleh rata-rata
89,28 dan 93,4 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas buku ajar ini juga
ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pembelajaran 1-6
dengan rata-rata 96,1 kategori sangat tinggi. Rata-rata kemampuan visual siswa
96,3, rata-rata kemampuan auditory siswa 97,2, rata-rata kemampuan reading
siswa 94,4, dan rata-rata kemampuan kinesthetic siswa 96,6. Rata-rata
kemampuan Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic siswa berada pada
kategori sangat tinggi.
Hal di atas menunjukkan bahwa Buku ajar berbasis model Visual,
Auditory, Reading, and Kinesthetic (VARK) yang dikembangkan dinyatakan
sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dikelas I SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:36
Last Modified: 17 Apr 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item
View Item