Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru-Guru yang Lulus Sertifikasi di SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Muzzamil, Muzzamil (2010) Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru-Guru yang Lulus Sertifikasi di SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MUZZAMIL_91526_6600_2012.pdf] Text
B1_1_MUZZAMIL_91526_6600_2012.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Enam Lingkung Padang Pariaman dengan
sasaran untuk melihat pelaksanaan pembelajaran oleh guru-guru yang telah lulus
sertifikasi meliputi kegiatan merencanakan pembelajaran terdiri dari
pengembangan program, silabus dan RPP, melaksanakan proses pembelajaran
terdiri atas membuka pelajaran, kegiatan inti dan menutup pelajaran serta evaluasi
pembelajaran untuk mengukur siswa dengan berbagai bentuk dan jenis penilaian
beserta kegiatan pengayaan dan remedial.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengungkapkan pelaksanaan yang
dilakukan oleh guru-guru yang telah lulus Sertifikasi di SMA N 1 Enam Lingkung
apakah sejalan dengan petunjuk yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan
Nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikan .
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan
kualitatif. Informan penelitian meliputi : (1) kepala sekolah sebagai informan
kunci, (2) guru-guru yang lulus dan belum lulus sertifikasi, (3) staf administrasi/
tata usaha, (4) komite sekolah, dan (5) siswa-siswi SMA N 1 Enam Lingkung.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama guru tidak
mengalami kesulitan dalam merancang persiapan pembelajaran karena telah
dilatih oleh sekolah, MGMP dan Dinas Pendidikan, kedua untuk pelaksanaan
proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab.
Penggunaan media/alat pembelajaran sangat jarang dilakukan kecuali untuk
beberapa mata pelajaran tertentu. Ketiga dalam evaluasi pembelajaran, guru telah
menggunakan berbagai bentuk dan jenis penilaian mulai dari tes uraian, pilihan
ganda dan pengamatan/observasi. Sangat disayangkan kegiatan pengayaan dan
remedial baru dikerjakan guru mulai tahun pelajaran 2009/2010, sebelumnya
guru-guru tidak melaksanakan program pengayaan dan remedial.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:31
Last Modified: 17 Apr 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item
View Item