Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas III di SDN 15 Ulu Gadut Padang).

Yeriska, Rahmah (2017) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas III di SDN 15 Ulu Gadut Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_RAHMA_YERISKA_1304660_3610_2017.pdf] Text
B1_02_RAHMA_YERISKA_1304660_3610_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SDN 15 Ulu Gadut Padang, seorang siswa berkesulitan belajar mengalami masalah berupa rendahnya kemampuan memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman isi bacaan melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) desain A-B-A dengan teknik analisis visual grafik.Subjek penelitian adalah anak berkesulitan belajar. Pengukuran variabelnya menggunakan frekuensi.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta overlape data yang memiliki persentase rendah. Setelah diberikan perlakuan dengan strategi DRTA terbukti kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali isi cerita dijawab anak dengan benar.Disarankan pada guru untuk menerapkan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak berkesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:30
Last Modified: 17 Apr 2025 03:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item
View Item