Indrayani, Meri (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Pondok Pasantren Assalam Naga Beralih. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MERY_INDRAYANI_20211_6746_2016.pdf [thumbnail of B1_01_MERY_INDRAYANI_20211_6746_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MERY_INDRAYANI_20211_6746_2016.pdf
Download (724kB)
Abstract
Penelitian ini di awali masih rendahnya hasil belajar siswa pondok pesantren Assalam Naga Beralih. Pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga siswa pasif di dalam pembelajaran dan kegiatan belajar menjadi kurang bermakna dan bervariasi. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) hasil belajar IPS terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional, (2) hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (3) hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional, (4) interaksi antara model pembelajaran dan
pengetahuan awal terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian
Factorial design 2X2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 5 kelas. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan analisis dengan menggunakan uji t dan ANAVA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) hasil belajar IPS terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional, (2) hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (3) hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal lebih tinggi dari pada siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS Terpadu di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih.
Tipe berkirim salam dan soal bersifat kooperatif, dimana siswa diberi kesempatan untuk melatih pengetahuan dan keterampilan mereka serta memberikan suasana belajar
yang menyenangkan bagi siswa dengan membuat salam berupa sapaan atau sorak khas dari tiap kelompok. Tujuan pembelajaran tercapai dan hasil belajar siswa secara
keseluruhan meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:10 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5913 |