Silalahi, Juniman (2021) Pengembangan Model Cooperative Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Statika pada Pendidikan Vokasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_JUNIMAN_SILALAHI_1209897_1783_2021.pdf [thumbnail of B1_08_JUNIMAN_SILALAHI_1209897_1783_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_JUNIMAN_SILALAHI_1209897_1783_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang
menemukan beberapa fenomena, antara lain: (1) dosen belum memberikan
alternatif strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran; (2)
bentuk perkuliahan masih berpusat kepada dosen (teacher centered learning); (3)
aktivitas dan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa masih rendah; (4)
pembelajaran Statika masih dirasakan sulit dipahami oleh mahasiswa; dan (5)
hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah statika masih rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model cooperative problem-based learning
(CPBL) dalam pembelajaran Statika pada pendidikan vokasi yang valid, praktis,
dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada prosedur pengembangan dari
Borg dan Gall yang dimodifikasi ke dalam empat tahapan, yaitu: (1) penelitian
awal dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan, pengembangan produk awal,
dan validasi ahli; (3) uji coba lapangan awal dan revisi awal; dan (4) uji coba
lapangan utama dan revisi akhir. Verifikasi terhadap produk model CPBL
dilakukan melalui Forum Group Discussion (FGD) dan validasi model CPBL
oleh para pakar (expert) yang relevan dengan bidang penelitian ini. Hasil uji
validitas menunjukkan bahwa semua produk model CPBL dalam pembelajaran
Statika pada pendidikan vokasi, dinyatakan valid dan layak digunakan. Subjek uji
coba adalah mahasiswa prodi D3 Teknik Sipil FT UNP yang sedang mengambil
mata kuliah Statika pada semester Juli-Desember 2020. Data penelitian berupa
data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan instrumen
validitas dan data kualitatif diperoleh dengan instrumen pengumpulan data
penelitian.Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis diskriptif dan
analisis data kualitatif menggunakan independent t-test dengan teknik
nonequivalent control group desain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative problem-based
learning (CPBL) terbukti valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran Statika
pada pendidikan vokasi. Hasil t-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai post-test Statika antara
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil belajar Statika kelompok
eksperimen setelah diberi perlakukan menggunakan model cooperative problembased
learning (CPBL) lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol yang
tidak diberi perlakuan (dalam hal ini menggunakan model konvensional). Dapat
disimpulkan bahwa model cooperative problem-based learning (CPBL) efektif
digunakan dalam pembelajaran Statika pada pendidikan vokasi.
Kata Kunci: model pembelajaran, cooperative problem-based learning, statika
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Problem-Based Learning Statika Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5911 |