Yaniza, Rifka (2012) Efektivitas Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terstruktur pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi di Kelas VII SMPN 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_3_RIFKA_YANIZA_87906_1892_2012.pdf
Download (853kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas VII SMPN 3 Pariaman tahun ajaran 2011/2012. Dengan rumusan masalah, apakah penerapan metode pemberian tugas terstruktur efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII SMPN 3 Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok ekperimen 73,41 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 67,87. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,45 pada taraf kepercayaan 0,05, t tabel 2,000, hasilnya t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas terstruktur memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan materi Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Informasi, Komunikasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
| Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:58 |
| Last Modified: | 17 Apr 2025 02:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5908 |
