Pengembangan Model Pembelajaran Realistik Geometri Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar

Alim, Jesi Alexander (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Realistik Geometri Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_JESI_ALEXANDER_ALIM_15169017_3175_2020.pdf] Text
B1_08_JESI_ALEXANDER_ALIM_15169017_3175_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam
pembelajaran geometri siswa sekolah dasar. Siswa lebih cenderung dikenalkan
dengan penggunaan rumus tanpa melibatkan penemuan konsep itu sendiri dan
pembelajaran terpisah dari pengalaman siswa sehari-hari. Untuk mengatasi
masalah ini dikembangkan model Model Pembelajaran Realistik Geometri (PRG)
Berbantuan Multimedia Interaktif pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini
merupakan design research yang mengkombinasikan model Plomp dengan model
Gravemeijer & Cobb, yang terdiri dari 3 fase yaitu fase penelitian pendahuluan
(preliminary research/preparing for the experiment), fase pengembangan
(development or prototyping phase/design experiment) dan fase penilaian
(assessment phase/retrospective analysis). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
SD 37 Pekanbaru. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, lembar
validasi instrumen dan produk, lembar observasi keterlaksanaan model, angket,
dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Untuk menjamin keabsahan
produk, instrumen divalidasi kepada pakar. Data yang terkumpul dianalisis secara
deskriptif dan menggunakan statistika inferensial. Temuan penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Perancangan model PRG berbantuan multimedia
interaktif pada siswa SD mengasilkan 9 sintaks model, yaitu (a) Orentasi masalah
realistik I, (b) Memahami dan menyelesaikan masalah secara matematika
horizaontal, (c) Membimbing dan memberikan stimulasi, (d) Menyajikan hasil,
(e) orentasi masalah 2, (f) Memahami dan penyelesaian masalah secara
matematika vertikal, (g) Mengkonfirmasi hasil dengan media intareaktif, (h)
Aplikasi Konsep, (i) Evaluasi. (2) Model PRG berbantuan multimedia interaktif
dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu perangkat pembelajaran yang sesuai
dengan indikator pada masing-masing aspek, yaitu aspek isi, penyejian,
kebahasaan, dan kegrafisan, (3) Model PRG berbantuan multimedia interaktif
memenuhi kreteria praktis dengan kreteria yaitu: adanya kemudahan siswa dan
guru dalam memahami isi serta penggunaan produk yang dikembangkan,
kejelasan petunjuk penggunaan buku, tampilan menarik minat pengguna dan
kesesuaian waktu yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan untuk setiap
pertemuan (4) Multimedia Interktif yang dikembangkan sengat membantu peserta
siswa dalam proses belajar mandiri, membantu guru dalam proses pelaksanaan
pembelajaran pada materi geometri, dan mampu mengatasi kekurangan waktu
yang tersedia dalam pembelajaran di kelas, (5) Model PRG berbantuan
multimedia interaktif sudah efektif memberikan dampak terhadap kemampuan
penalaran matematis siswa dengab rata-rata 84

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Realistik Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:58
Last Modified: 17 Apr 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item
View Item