Hanum, Muthia (2015) Efektifitas Layanan Konseling Perorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Belajar (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Payakumbuh). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUTHIA_HANUM_10694_584_2015.pdf [thumbnail of B1_1_MUTHIA_HANUM_10694_584_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUTHIA_HANUM_10694_584_2015.pdf
Download (509kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan kemandirian siswa dalam
menyelesaikan masalah belajar sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling
perorangan. Hipotesis penelitian ini adalah: kemandirian siswa dalam menyelesaikan
masalah belajar setelah layanan konseling perorangan lebih tinggi secara signifikan
dibanding sebelum layanan konseling perorangan.
Jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan eksperimen, dengan menggunakan
desain tes awal dan tes akhir dengan melibatkan 20 subjek penelitian yang dilaksanakan
terhadap siswa SMP Negeri 3 Payakumbuh. Penentuan subjek penelitian melalui
rekomendasi konselor terhadap siswa asuhnya yang mengalami masalah belajar. Subjek
penelitian terlebih dahulu diberikan pretest, setelah itu diberikan perlakuan dan akhirnya
diberikan postest. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik non parametrik, yaitu teknik analisis
perbandingan rata-rata Paired-Sample T Test dengan bantuan program SPSS versi 21.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kemandirian siswa dalam menyelesaikan
masalah belajar setelah layanan konseling perorangan lebih tinggi secara signifikan
dibanding sebelum layanan konseling perorangan (nilai rata-rata pretest 81.800 menjadi
149.00 pada postest. Hipotesis penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat
disimpulkan bahwa kegiatan layanan konseling perorangan sangat efektif untuk
meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah belajar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan konseling perorangan, kemandirian, masalah belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5898 |