Sari, Meiliza (2018) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Rite, Review (SQ4R)untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MEILIZA_SARI_16124046_2072_2018.pdf [thumbnail of B1_01_MEILIZA_SARI_16124046_2072_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MEILIZA_SARI_16124046_2072_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman untuk kelas IV Sekolah Dasar. Ditemui beberapa permasalahan mengenai bahan ajar membaca pemahaman yaitu: bahan ajar kurang sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada kurikulum yang berlaku, bahan ajar yang digunakan belum memuat tahapan membaca yaitu prabaca, saat baca, dan pascabaca, dan bahan ajar juga belum menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca pemahaman. Mengatasi hal itu, perlu diberi solusi berupa pengembangan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan strategi Survey, Question, Read, Recite, Rite, Review (SQ4R), dikarenakan strategi SQ4R setap langkahnya membimbing siswa menjadi aktif serta sesuai dengan proses
membaca sepertitahap prabaca terdapat pada langkah Survey dan Question, tahap saat baca terdapat pada langkah Read, dan tahap pascabaca terdapat pada langkah Recite, Rite, Review. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan
bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-Dkarena model ini cocok dalam pengembangan bahan ajar serta melibatkan ahli dalam menghasilkan bahan ajar. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define),perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaranm(disseminate). Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli dan 3 orang praktisi pendidikan kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SDN 25 Air Tawar Selatan untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Tahap penyebaran dilakukan pada skala terbatas. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Kemudian, dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru, respon peserta didik, dan observasi penggunaan bahan ajar diketahui tingkat praktikalitas masuk pada kategori sangat praktis. Selanjutnya, dari hasil aktivitas peserta didik, penilaian keterampilan membaca pemahaman yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman menggunakan strategi Survey, Question, Read, Recite, Rite, Review (SQ4R)yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk kelas IV SD sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5893 |