Radili, Leny (2012) Pengaruh Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TI&K) Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LENY_RADILI_01222_6686_2012.pdf [thumbnail of B1_3_LENY_RADILI_01222_6686_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LENY_RADILI_01222_6686_2012.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa dalam menyampaikan materi pelajaran, guru lebih sering menggunakan model konvensional dengan metode ceramah serta proses pembelajaran yang monoton, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Untuk mengatasi hal itu maka digunakan strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP N 3 Batang Anai. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Batang Anai yang berjumlah 334 orang yang terdiri dari 9 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas VII 9 sebagai kelas eksperimen dan VII sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpul data adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII SMP N 3 Batang Anai. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 79,5 dan kelompok kontrol 72,2. Kelompok eksperimen yang belajar dengan Strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle memperoleh nilai ratarata “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi penggunaan Strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle pada proses belajar mata pelajaran TI&K berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII 9 SMP N 3 Batang Anai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Active Learning Tipe Crossword Puzzle, Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TI&K) |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5891 |