Agustia, Rahma (2016) Efektivitas Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Boneka Horta bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas C.D3 SDLB N 21 Silaing Bawah (Quasi experimental Design). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_RAHMA_AGUSTIA_1200285_576_2017.pdf [thumbnail of B1_02_RAHMA_AGUSTIA_1200285_576_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_RAHMA_AGUSTIA_1200285_576_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk membuktikan keefektifan media video pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membuat boneka horta bagi anak tunagrahita ringan kelas C.D3 SDLB N 21 Silaing Bawah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental design dengan jenis one group pretest and postest design, yaitu
subjek penelitian diberikan pretest sebelum diberikan treatment selanjutnya diberikan postest setelah diberikan treatment dengan menggunakan media video pembelajaran. Kemudian skor dari kegiatan pretest dan postest diolah dan
dibandingkan dengan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang terkumpul setelah dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh U hit = 0,5 dan U tab = 0,10 dengan n = 4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,10. Sehingga hipotesis ditolak karena U hit < Utab . Jadi media video pembelajaran tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan membuat boneka horta bagi anak tunagrahita ringan kelas C.D3 SLB N 21 Silaing Bawah. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru
menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 01:28 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 01:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5872 |