Persepsi Siswa tentang Komunikasi Non Verbal Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman

Mella, Mella (2017) Persepsi Siswa tentang Komunikasi Non Verbal Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_MELLA_1204424_5326_2017.pdf] Text
B1_01_MELLA_1204424_5326_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pengamatan penulis selama Praktek Lapangan Kependidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman menunjukkan masih kurang baiknya komunikasi guru terutama dalam komunikasi non verbal guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa tentang Komunikasi Non Verbal Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimanakah persepsi siswa tentang komunikasi non verbal guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XII di SMK Negeri 2 Kota pariaman yang berjumlah 846 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 91 orang yang ditarik dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah dengan rumus rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang komunikasi melalui gerak tubuh guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,6; (2) persepsi siswa tentang komunikasi melalui ekspresi wajah guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,5; (3) persepsi siswa tentang komunikasi melalui kontak mata guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,0; (4) persepsi siswa tentang intonasi suara dan gaya bicara guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,7; (5) persepsi siswa tentang komunikasi melalui penampilan guru dalam proses pembelajaran berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,8. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Persepsi Siswa tentang Komunikasi Non Verbal Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pariaman berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,72.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:45
Last Modified: 03 Feb 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item
View Item