Perancangan Iklan Lokomotif Uap Mak Itam Kota Sawahlunto

Eristha, Desrian (2012) Perancangan Iklan Lokomotif Uap Mak Itam Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DESRIAN_ERISTHA_85875_2394_2012.pdf] Text
B1_5_DESRIAN_ERISTHA_85875_2394_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan karya akhir ini bertujuan untuk. (a). Merancang sebuah iklanlokomotif uap dalam audio visual yang berisi profil lokomotif uap mak itam kotaSawahlunto. (b). Meningkatkan promosi kepada para wisatawan lokal maupunmancanegara untuk datang berwisata ke kota Sawahlunto yaitu kota yang masihkental akan suasana bersejara dengan cara menampilkan lokomotif uap mak itamkarena lokomotif tersebut bagian dari sejarah kota Sawahlunto yang berpotensimenjadi icon kota Sawahlunto. (c). Mengangkat citra lokomotif uap mak itamagar para masyarakat mencintai, menjaga dengan penuh kebanggaan dan kasihsayang terhadap benda-benda bersejarah yang ada di tanah air Indonesia ini agaranak cucu bisa merasakan masa lalu tersebut.(d). Persyaratan menyelesaikanperkuliahan yang menjadi tugas akhir di perguruan tinggi ini.Temuan laporan menunjukkan beberapa masalah yaitu.(a). Belumtereksposnya secara menyeluruhnya lokomotifa uap tersebut yang menyebabkankurang Belum tereksposnya secara menyeluruhnya lokomotif uap tersebut yangmenyebabkan kurang mengenalnya para masyarakat tentang lokomotiftersebut.(b). Lokomotif uap mak itam berpotensi menjadi induk pariwisata kotaSawahlunto agar para wisatawan mengetahui akan keindahan kota Sawahluntoyang masih kental dengan arsitektur Belanda.(c). Kurang mengetahuinyamasyarakat tentang kawasan kota Sawahlunto sebagaimana banyak masyarakatyang tidak mengetahui kota Sawahlunto memiliki potensi wisata kota tuadidalamnya karena memiliki lokasi sejarah dan transportasi wisata yangmendukung yaitu lokomotif uap tersebut,(d). Kurangnya minat masyarakattentang peningalan-peningalan sejarah pada saat ini khususnya di kotaSawahlunto,(e). Kurangnya minat para wisatawan yang dikarenakan ruteperjalanan lokomotif yang sangat pendek dan lokasi tujuan yang membosankanbagi mereka yaitu Muaro Kelaban,(f). Kurang gencarnya promosi wisatalokomotif ini oleh pemerintah kota Sawahlunto pada objek wisata yang satu ini.Maka dari itu, dengan adanya iklan ini, masyarakat luas dapat lebih mengenaldan mengerti akan nilai-nilai sejarah yang ada pada daerah-daerah SumateraBarat, salah satunya kota Sawahlunto. Guna meningkatkan promosi Pariwisatakota Sawahlunto, penulis memilih Lokomotif Uap kota Sawahlunto sebagai objeklaporan yang bertujuan agar masyarakat baik dalam maupun luar kota Sawahluntomengenal kota sawahlunto akan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IKLAN LOKOMOTIF, IKLAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:57
Last Modified: 16 Apr 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5857

Actions (login required)

View Item
View Item