Muliyadi, Muliyadi (2009) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MULIYADI_91566_5412_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MULIYADI_91566_5412_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MULIYADI_91566_5412_2012.pdf
Download (164kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Adanya perbedaan hasil
belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2)
Adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa
dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa dengan
pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional; (3) Adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara
siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa dengan
pengetahuan awal rendah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional; (4) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan
awal terhadap hasil belajar matematika siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu Tahun pelajaran 2008-2009 yang
seluruhnya berjumlah 89 orang siswa. Penentuan sampel penelitian ini adalah
menggunakan teknik random dan terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen
dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan ANAVA.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada
hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) hasil
belajar siswa yang berpengetahuan awal tinggi diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan
model pembelajaran konvensional; (3) hasil belajar siswa yang berpengetahuan
awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional. Namun dari uji hipotesis keempat tidak ditemukan interaksi antara
model pembelajaran dan pengetahuan awal artinya bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
tanpa melihat pengetahuan awal siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5856 |