Analisis Butir Soal Tes Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah T.A 2017/2018 Madrasah Aliyah Negeri dengan Program Quest

Fadila, Rafika Sastra (2018) Analisis Butir Soal Tes Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah T.A 2017/2018 Madrasah Aliyah Negeri dengan Program Quest. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_RAFIKA_SASTRA_FADILLA_1302127_5537_2018.pdf] Text
B1_02_RAFIKA_SASTRA_FADILLA_1302127_5537_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis butir soal tes ujian akhir semester ganjil 2017/2018 mata pelajaran sejarah Madrasah Aliyah Negeri di Sumatera Barat dengan program Quest. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
kualitas soal ujian akhir semester ganjil yang terdiri dari: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, daya beda dan fungsi pengecoh sehingga dapat mengukur kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan
baik.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggabungkan metode kuantitatif. Objek penelitian adalah kisi-kisi penulisan soal, lembar soal, kunci jawaban serta lembar jawaban yang sudah diisi oleh siswa kelas X MAN 3 Padang, MAN Pariaman, dan MAN Padang Panjang dengan jumlah keseluruhan 443 lembar jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program Quest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: validitas isi, perangkat soal yang termasuk kategori valid terdapat 28 butir soal (56%) dan tidak valid terdapat 22 butir soal (44%). Validitas item, perangkat soal yang valid berjumlah 43 soal (86%) dan tidak valid berjumlah 7 soal (14%). Reliabilitas soal menggunakan formula Kuder-Ricardson 20 menunjukkan koefisien reliabilitas 0,53 (cukup
reliabel). Tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa soal yang sukar sebanyak 40 soal (80%), soal yang sedang (tidak sukar) berjumlah 9 soal (18%), soal mudah berjumlah 1 soal (2%). Daya beda soal yang termasuk kategori lemah terdapat 26 soal (52%), cukup lemah terdapat 18 soal (36%), baik terdapat 4 soal (8%), baik sekali terdapat 1 soal (2%) dan soal yang buruk terdapat 1 soal (2%).Keberfungsian pengecoh soal yang berfungsi dengan baik terdapat 47 soal (94%)
dan yang tidak berfungsi dengan baik terdapat 3 soal (6%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:57
Last Modified: 16 Apr 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item
View Item