Ilyas, Deswati (2011) Kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Koto XI Tarusan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf
Download (126kB)
Abstract
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa ada 
sebagian guru belum menggunakan perangkat mengajar yang baik dalam proses 
belajar mengajar, masih ada sebagian guru yang kurang disiplin dalam proses 
belajar mengajar sehingga berdampak negatif terhadap menurunya produktifitas 
atau kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kontribusi 
supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan 
Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, mendeskripsikan Kontribusi disiplin 
kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten 
Pesisir Selatan, mendeskripiskan Kontribusi supervisi akademik oleh pengawas 
dan Disiplin Kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru SD 
Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis dalam 
penelitian ini adalah supervisi akademik oleh pengawsas berkontribusi terhadap 
kinerja guru, disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru dan supervisi 
akademik oleh pengawas dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi 
terhadap kinerja guru. 
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif 
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 330 orang guru 
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. 
Sampel 136 orang guru yang terpilih melalui teknik  stratified proportional 
random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas 
dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik  menggunakan teknik 
korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17  
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) supervisi akademik oleh 
pengawas berkontribusi terhadap kinerja guru besar 13,9% (2) disiplin kerja 
berkotribusi terhadap kinerja guru sebesar 12,9%, (3) supervisi akademik oleh 
pengawas dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja 
guru sebesar 22,3%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi 
akademik oleh pengawas berada pada kategori cukup, sedangkan disiplin kerja 
dan kinerja guru sama-sama berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil 
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik oleh pengawas 
dan disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:57 | 
| Last Modified: | 16 Apr 2025 08:57 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5853 | 
 
         