Ilyas, Deswati (2011) Kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Koto XI Tarusan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DESWATI_ILYAS_51352_2992_2012.pdf
Download (126kB)
Abstract
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa ada
sebagian guru belum menggunakan perangkat mengajar yang baik dalam proses
belajar mengajar, masih ada sebagian guru yang kurang disiplin dalam proses
belajar mengajar sehingga berdampak negatif terhadap menurunya produktifitas
atau kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kontribusi
supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan
Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, mendeskripsikan Kontribusi disiplin
kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten
Pesisir Selatan, mendeskripiskan Kontribusi supervisi akademik oleh pengawas
dan Disiplin Kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru SD
Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah supervisi akademik oleh pengawsas berkontribusi terhadap
kinerja guru, disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru dan supervisi
akademik oleh pengawas dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 330 orang guru
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.
Sampel 136 orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional
random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas
dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik
korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) supervisi akademik oleh
pengawas berkontribusi terhadap kinerja guru besar 13,9% (2) disiplin kerja
berkotribusi terhadap kinerja guru sebesar 12,9%, (3) supervisi akademik oleh
pengawas dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja
guru sebesar 22,3%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi
akademik oleh pengawas berada pada kategori cukup, sedangkan disiplin kerja
dan kinerja guru sama-sama berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik oleh pengawas
dan disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5853 |