Azhari, Devi Syukri (2012) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Berorientasi pada Tugas dan Lingkungan Kerja terhadap Moral Kerja Guru pada SMP Swasta Se-Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEVI_SYUKRI_AZHARI_18999_5467_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DEVI_SYUKRI_AZHARI_18999_5467_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_DEVI_SYUKRI_AZHARI_18999_5467_2012.pdf
Download (499kB)
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah: Moral kerja dapat diartikan 
sebagai suatu sikap dari tingkah laku yang terwujud dalam bentuk semangat 
seseorang dalam kerjanya. Oleh karena itu suatu pekerjaan merupakan semangat 
dari kerja seseorang, maka moral kerja itu sangat mempengaruhi kinerja 
seseorang. Kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas 
diharapkan menjadi pemimpin dan inovator di sekolah. Oleh sebab itu, kualitas 
kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas adalah signifikan bagi 
keberhasilan sekolah.  
Penelitian 
ini 
dimaksudkan 
untuk 
mengungkapkan kontribusi 
kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas dan lingkungan kerja 
terhadap moral kerja guru. Adapun hipotesa yang diajukan adalah : pertama 
kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas berkontribusi terhadap 
moral kerja guru, kedua lingkungan kerja berkontribusi terhadap moral kerja guru, 
ketiga kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada tugas dan lingkungan 
kerja bersama-sama berkontribusi terhadap moral kerja guru.  
Populasi dan sampel penelitian ini adalah 801 orang. Sebanyak 348 orang 
diantaranya dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik stratified 
proposonal random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala 
modul likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.  
Saran penulis terhadap penelitian ini adalah: kepala sekolah, agar 
melaksanakan tugas berorientasi pada tugas yang sistematis untuk meningkatkan 
moral kerja guru melalui pembinaan, dan pengarahan kepada guru secara berkala 
dan melalui bimbingan-bimbingan guru dalam menciptakan moral kerja yang baik 
Lingkungan kerja guru agar diciptakan dengan baik sehingga guru dapat 
melaksanakan tugasnya dengan baik, mereka dapat bekerja lebih sungguh
sungguh. Kepala sekolah diharapkan untuk selalu berusaha meningkatkan 
kemampuan dalam membina guru.  
i
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:28 | 
| Last Modified: | 16 Apr 2025 07:28 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5838 | 
 
         