Yulianti, Witri (2013) Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Ayunan Pingpong di Paud Mutiara Hati Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WITRI_YULIANTI_98885_119_2013.pdf [thumbnail of B1_4_WITRI_YULIANTI_98885_119_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WITRI_YULIANTI_98885_119_2013.pdf
Download (750kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pengembangankecerdasan emosional anak pada PAUD Mutiara Hati Bungus Teluk Kabung KotaPadang. Hal ini diduga karena kurang menariknya metode yang digunakan olehpendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangankecerdasan emosional anak dalam aspek kontrol diri mengikuti aturan,menunjukkan percaya diri dan sabar menunggu giliran melalui permainan ayunanpingpong.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjekpenelitian murid yang ada di PAUD Mutiara Hati yang berjumlah 15 orang anakpada tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dengan cara observasidengan menggunakan alat pengumpulan data berupa pedoman observasi,sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan menggunakantabel distribusi frekuensi.Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I pengembangan kecerdasanemosional anak pada umumnya masih kurang baik, dengan aspek yang diamatikontrol diri mengikuti aturan, menunjukkan percaya diri dan sabar menunggugiliran yang disesuaikan dengan persentase tingkat perkembangan yang sangatbaik, terlihat dari persentase tingkat perkembangan anak tercapai. Maka hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa siklus I ke siklus II melalui permainanayunan pingpong secara berkelompok sudah mengalami peningkatanpengembangan kecerdasan emosional anak yang sangat baik, hal ini membuktikanbahwa permainan ayunan pingpong terbukti dapat meningkatkan pengembangankecerdasan anak usia 4-5 tahun. Diharapkan kepada pendidik PAUD dapatmelaksanakan permainan ayunan pingpong dalam menstimulasikanpengembangan kecerdasan emosional anak agar berkembang secara optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL, EMOSIONAL ANAK, PERMAINAN AYUNAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:01 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5825 |